Keefektifan Model Pembelajaran Think, Pair, And Share (TPS) Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Dompu

Authors

  • Leni Marlina

Keywords:

Model Think, Pair, and Share (TPS), writing short stories, effective

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Think, Pair, and share (TPS) dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Dompu NTB. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen true experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Dompu NTB. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 82 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu cluster sampling. Sampel yang terpilih kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam menulis cerpen dengan menerapkan model pembelajaran Think, pair, and Share (TPS) menunjukkan hasil yang sangat memadai. Penarikan sample dengan menggunakan pre-tes atau tes awal pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen. Tes tersebut digunakan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskripsi dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif
menujukkan model Think, Pair, and Share (TPS) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Dompu NTB. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai tes eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Think, Pair and Share (TPS) berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 96,15%. Sedangkan nilai tes kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah berada pada kategori tinggi nilai rata-rata 88,5%. 

Published

2020-08-04

How to Cite

Leni Marlina. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think, Pair, And Share (TPS) Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Dompu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 570-575. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/159