Gold Generation Perspektif Filsafat Pendidikan Realis-Naturalisme

Authors

  • Mohd. Yahya Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
  • Fathul Jannah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
  • Abdul Basid Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1601

Abstract

Pendidikan moral dan karakter kian mulai terabaikan dengan hadirnya perkembangan digitalisasi. Perlu adanya inovasi ke arah pendidikan agar karakter dan moral generasi lebih ke arah tujuan pendidikan nasional. Pendekatan realis naturalisme sebagai langkah pendekatan baru berbasis karakter merupakan sebuah model pembelajaran yang menyiapkan peserta didik bermoral dan berkarakter yang dibentuk dari lingkungan belajar. Tujuan penelitian: (1) mengetahui pandangan umum sistem pendidikan di Indonesia, (2) mengetahui penerapan sistem yang baik untuk generasi emas melalui pendekatan realis naturalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi sosial, data yang dikumpulkan berasal dari kajian pustaka dan dokumentasi wawancara, yaitu data yang berasal dari wawancara berbagai sumber dan kajian bahan-bahan kepustakaan, berupa: ensiklopedi, buku-buku, artikel, dan karya ilmiah yang dimuat dalam media massa seperti majalah, surat kabar dan jurnal ilmiah serta penelitian yang dilakukan dengan terjun secara langsung ke lapangan tanpa melalui media informasi untuk memperoleh hasil pengembangan pendidikan karakter melalui pendekatan realis naturalis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Sistem pendidikan di Indonesia mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing. (2) penerapan sistem yang baik untuk generasi emas meliputi; upgrade 4 unsur pendidikan, aktualisasi penerapan teknologi pada pendidikan, implementasi pendekatan realis naturalisme, dicipline theory, serta pembelajaran yang menyenangkan.

Published

2023-03-01

How to Cite

Yahya, M., Jannah, F., & Basid, A. (2023). Gold Generation Perspektif Filsafat Pendidikan Realis-Naturalisme. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1831-1837. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1601