Implementasi Tupoksi Human Resources Departement (HRD) di Sekolah Alam Gaharu

Authors

  • Dian Dian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Afni Fauziyah Saepulloh UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dessy Afriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Ghozali Panjaitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1606

Abstract

Era revolusi industri 4.0 lebih menekankan pada digitalisasi, sedangkan era society 5.0 lebih ke cara bagaimana memanusiakan manusia dengan teknologi. Sehingga manusia tersebut sebagai user/pelaku yang ikut menggunakan teknologi tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, kompetensi sumber daya manusia (SDM) harus ditingkatkan secara terus menerus sehingga mampu memanfaatkan dan memaksimalkan setiap inovasi teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tugas pokok dan fungsi HRD di Sekolah Alam Gaharu dalam upaya menjaga kestabilan dan peningkatan kualitas SDM. Ruang lingkup tanggung jawab HRD yaitu perencanaan, perekrutan dan seleksi pegawai, training dan development SDM, kompensasi dan keuntungan serta evaluasi kinerja SDM. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian ini, HRD di sekolah tersebut terbilang memiliki beban kerja yang cukup banyak, sebaiknya apabila SDM terus bertambah, bagian HRD pun menambah anggota yang bertugas sebagai tim HRD.

Published

2023-03-01

How to Cite

Dian, D., Saepulloh, A. F., Afriyani, D., & Panjaitan, A. G. (2023). Implementasi Tupoksi Human Resources Departement (HRD) di Sekolah Alam Gaharu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1493-1498. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1606