Analisis Perspektif Peserta Didik terhadap Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar

Authors

  • Adah Aliyah STAI Kharisma Cicurug, Sukabumi, Indonesia
  • Bebeh Wahid Nuryadin Pasca UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • M. Ali Ramdhani Pasca UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1607

Keywords:

Pola Asuh, Orang Tua, Kemandirian

Abstract

Permasalahan yang terjadi kurangnya siswa dalam kemandirian belajar bisa dibuktikan dengan siswa yang tiada termotivasi agar belajar mandiri, tidak ulet dalam belajar, tidak serius, tidak disiplin serta tidak bertanggung jawab dengan sesuatu yang dikerjakan. Sebaliknya jika kemandirian belajar siswa terbentuk akan sangat memiliki kemauan dan keingintahuan siswa mengenai pengetahuan semakin berkembang dan maju. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Analisis menganalisis pola Asuh Orang Tua Dan Terhadap Kemandirian Belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan sample 60 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan analisis jalur taraf signifikansi ? = 0,05. Lokasi penelitian difokuskan di Siswa MA Al Mustofaiyah. Peneltian ini menyimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh pola asuh orangtua otoriter terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 27%, 2) Terdapat pengaruh pola asuh orangtua demokrasi terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 47%, 3) Terdapat pengaruh pola asuh orangtua permisif terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 27% dan 4) Terdapat pengaruh pola asuh orangtua, otoriter, demokrasi dan permisif terhadap kemandirian belajar siswa secara Bersama sebesar 45%.

Published

2023-03-01

How to Cite

Aliyah, A., Nuryadin, B. W., & Ramdhani, M. A. (2023). Analisis Perspektif Peserta Didik terhadap Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1402-1406. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1607