Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa

Authors

  • Niken Kusuma Ayu Fadhila Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Ervin Azhar Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1610

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Berprestasi, Pendidikan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari motivasi berprestasi siswa tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMAIT Insan Mandiri Cibubur pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa kelas X yang memiliki tingkat motivasi berprestasi berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi berprestasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Materi yang diujikan yaitu Nilai Mutlak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa dengan motivasi berprestasi tinggi maka semakin baik kemampuan berpikir kritis matematis siswa tersebut, begitupula sebaliknya.

Published

2023-03-01

How to Cite

Fadhila, N. K. A., & Azhar, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1689-1693. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1610