Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Tulis Al-Qur'an di Sekolah UPT SMP

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurhasanah Sipahutar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sylva Rahmah Hafiz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muliadi Muliadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 35 Medan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi yang diajukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada tiga orang guru PAI di SMP Negeri 35 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi guru PAI di SMP Negeri  35 Medan diwujudkan melalui penyusunan RPP yang digariskan oleh pemerintah dengan menggunakan bentuk kurikulum 2013; 2) metode pengajaran yang digunakan-metode wahda bil kitab dan metode iqra; 3) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI adalah guru, siswa dan lingkungan sekolah; 4) Kendala yang dihadapi adalah waktu pengajaran membaca dan menulis Al-Qur'an yang singkat, hanya 2 jam pelajaran, kurangnya fasilitas pengajaran membaca dan menulis Al-Qur'an dan biografi siswa; 5) Solusi yang diajukan adalah metode pengajaran membaca dan menulis Al-Quran yang diterapkan harus memperhatikan karakteristik siswa dan penggunaan metode pengajaran audio-visual.

Published

2023-02-01

How to Cite

Neliwati, N., Sipahutar, N., Hafiz, S. R., & Muliadi, M. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah UPT SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1028-1036. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1638