Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa

Indonesia

Authors

  • Tsania Noor Aini Azizah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Shokhibul Arifin Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Ika Puspitasari Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1655

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya pada mata pelajaran PAI. Siswa merasa lebih jenuh dan merasa tidak puas dengan penyampaian materi atau pemberian tugas secara konvensional. Dengan menerapkan media pembelajaran wordwall tersebut, siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep dari materi yang telah diberikan oleh guru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII MIPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa siswa lebih antusias pada penerapan media pembelajaran wordwall. Mereka juga tidak merasa bahwa pembelajaran yang diberikan akan terasa monoton. Dan juga mereka menginginkan bahwa media pembelajaran wordwall dapat diterapkan pada mata pelajaran PAI agar siswa tidak merasa jenuh ketika guru memberikan materi yang masih menggunakan metode konvensional.

Published

2023-05-01

How to Cite

Azizah, T. N. A., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa: Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3168-3175. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1655