Konsep Adab Pendidik (Perspektif Imam Nawawi dan KH. Hasyim Asy’ari)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1668Abstract
Pendidikan memiliki komponen yang terpadu dan saling terkait. Pendidik dan peserta didik merupakan salah satu komponen pendidikan yang saling terkait. Salah satu aspek yang sangat terkait antara pendidik dan peserta didik ialah adab. Adab merupakan bagian pendidikan yang sangat penting dan berkenaan dengan sikap serta tingkah laku. Pendidikan di Indonesia belakangan ini mengalami kemerosotan adab, nilai-nilai kebaikan semakin merosot dan tidak seimbang dengan kemajuan teknologi. Dalam dunia pendidikan pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam dalam membentuk karakter/adab murid. Maka penelitian ini bertujuan untuk membahas Konsep Adab Pendidik Perspektif Imam Nawawi Dan KH. Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, dan pendekatan filosofis, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil analisis penulis terhadap pemikiran Imam Nawawi Dan KH. Hasyim Asy’ari bahwa adab guru terhadap murid menurut Imam Nawawi terbagi dalam empat bagian, yakni adab guru terhadap dirinya sendiri, adab guru terhadap ilmu, adab guru terhadap murid dan pengajaran serta adab guru ketika mengajar. Sedangkan menurut KH. Hasyim Asy‘ari ada 3 jenis adab yang harus dipelihara oleh seorang pendidik, yaitu adab kepada diri sendiri, adab kepada pelajaran, dan adab kepada peserta didik.