Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran the Power of Two

Authors

  • Ai Nurhayati SMPN 1 Sindangkerta Kab. Bandung Barat Prov. Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1688

Abstract

Pada penerapan pembelajaran banyak sekali metode pembelajaran yang ditawarkan untuk memotivasi keaktifan siswa. Dalam penelitian ini difokuskan pada pembelajaran the power of two dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-E SMPN 2 Padalarang pada pokok bahasan taharah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. PTK merupakan suatu upaya mencermati kegiatan pembelajaran pada sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran. PTK ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: keaktifan siswa kelas VII-E SMPN 2 Padalarang pada pokok bahasan thaharah melalui strategi pembelajaran the power of two  pada setiap siklus mengalami peningkatan,  yakni dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 14,94%, dan dari siklus II ke siklus III keaktivan siswa meningkat 17.91%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan keaktifan rata-rata sebesar 64.62%. Kalau mengacu pada Indikator Keaktifan Siswa maka besaran keaktifan sebesar 64.62% termasuk kriteria Aktif, motivasi siswa pada seluruh siklus mengalami peningkatan yaitu 93.65% dan tergolong kategori sangat aktif.

Published

2023-03-01

How to Cite

Nurhayati, A. . (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran the Power of Two. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1386-1392. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1688