Pendekatan Berbasis Aktivitas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Yayah Badriyah SDN Wangunreja Kec. Dawuan, Kab. Subang, Prov. Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1690

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang membahas tentang pendekatan berbasis aktivitas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar kelas V SDN Wangunreja Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang. Pendekatan dan jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan. Penelitian tindakan merupakan proses daur ulang, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pemantauan, refleksi yang mungkin diikuti dengan perencanaan ulang. Penelitian tindakan bertujuan mengembangkan keterampilan baru atau cara pendekatan baru untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia factual. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) terlihat ada peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dibandingkan dengan kegiatan belajar mengajar sebelumnya (menggunakan strategi tradisional), (2) beberapa siswa cepat dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru, (3) beberapa siswa sudah ada keberanian dalam menyampaikan pendapat, dan (4) kegiatan diskusi sudah tekesan hidup dan berjalan, tidak lagi didominasi oleh siswa yang pandai.

Published

2023-03-01

How to Cite

Badriyah, Y. . (2023). Pendekatan Berbasis Aktivitas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1843-1853. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1690