Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Kurikulum 2013

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Hasita Dwi Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Putri Anggita Sari Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • M. Fauzi Rifqi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1695

Abstract

Tujuan Pendidikan nasional merupakan usaha mencerdaskan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Indonesia, yang harus dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa untuk menggapai kesempurnaan menjadi insan yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME. Pengembangan dan penentuan kurikulum merupakan faktor utama dalam pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Kurikulum terbaru atau kurtilas ini tidak jauh berbeda dari apa yang sudah diterapkan dan ini merupakan pengejawantahan dari yang sebelumnya yakni kurikulum KTSP. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tentang kreativitas guru mata pelajaran PAI dalam pengembangan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang berbasis lapangan atau etnografi atau dapat disebut penelitian Participant Observation. Sumber data primer pada penelitian ini adalah guru PAI SD Negeri 112287 Tanjung Pasir. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh adalah siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran PAI karena guru memiliki kreativitas yang berbeda pada proses pembelajaran sehingga membuat siswa minat belajar dan produktif di lingkungan kelas.

Published

2023-03-01

How to Cite

Neliwati, N., Putri, H. D., Hasibuan, P. A. S., & Rifqi, M. F. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Kurikulum 2013. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1673-1677. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1695