Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea

Authors

  • Nuraini Nuraini Program Magister PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Widya Fitriani Bakir Program Magister PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Program Magister PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1700

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan universal dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini hendaknya memberikan pengalaman yang menyenangkan, bermakna dan menyentuh hati yang memudahkan orang tua di lingkungan rumah melakukan kegiatan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain dengan kegiatan tersebut, sehingga anak dapat mendorong pertumbuhan dan juga perkembangannya secara maksimal. Penggunaan metode Reword ASYIK merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Percaya Diri anak usia 5-6 tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. Reward ASYIK” yang merupakan inovasi pembelajaran model baru yang dikembangkan oleh Sri Watini telah mendapat HakCipta Intelektual dengan nomor pencatatan 0002020003 dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 6 Juni 2014. Pada “Reward ASYIK” dengan bernyanyi dan bermain tepuk dengan menggunakan kalimat yang memotivasi dipercaya akan membangkitkan percaya diri pada anak. Adapun penelitian ini menggunakan metodologi Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Adapun siklus 1 nilai ketercapaian 75% dan siklus 2 meningkat menjadi 95%. Dengan implementasi “Reward ASYIK” ini terbukti meningkatkan percaya diri pada anak kelompok B RA Hafniratunnisa Namlea.

Published

2023-03-01

How to Cite

Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702-1708. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1700