Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1702Abstract
Menteri pendidikan dan kebudayaan Riset dan teknologi RI Nadiem Anwar Makarim secara resmi telah meluncurkan nama baru dari kurikulum prototipe yang saat ini diubah menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menekankan keleluasaan kepada peserta didik maupun guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang akan dilaksanakan pada satuan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Guru Matematika di SMAN 1 Ciruas dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek adalah semua guru matematika di SMAN 1 Ciruas yang berjumlah 9 orang. Objek penelitian ini berupa bentuk kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis diketahui dari lima indikator untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu, pemahaman struktur kurikulum, kesiapan rencana pembelajaran, kesiapan proses pembelajaran, kesiapan modul bahan ajar dan kesiapan penilaian pembelajaran. Secara umum guru matematika cukup siap dalam menerapkan kurikulum merdeka ini di semester berikutnya atau di semester 2 tahun ajaran 2022-2023.