Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis Karakter di SMP Negeri 23 Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1704Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui sistem guru PAI dalam mengoptimalkan kompetensi pedagogik di SMP Negeri 23 Medan. Bentuk optimalisasi kompetensi pedagogik guru PA, Optimalisasi kompetensi pedagogik karakter siswa guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan pendekatan normatif, pedagogis, psikologis. Sumber data adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi guru PAI di SMP Negeri 23 Medan terlaksana dengan baik, (2) Optimalisasi kompetensi guru PAI berbasis karakter di SMP Negeri 23 Medan terlaksana dengan optimal. (3) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru terhadap karakter siswa (4) Optimalisasi kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 23 Medan pada umumnya memiliki kendala yaitu jumlah tenaga pendidik Agama Islam dan terbatasnya tempat ibadah yang tidak luas untuk semua siswa. Hal ini tentunya merupakan respon kepala sekolah berupa organisasi keagamaan seperti nasyid, pengajian, orasi, amalan keagamaan yang dilaksanakan di Laboratorium Agama.