Upaya Menumbuhkan Kesiapan Membaca Permulaan melalui Metode (MEMESYA) Menyanyi dan Mengucap Syair Peserta Didik Kelompok A2 TK Negeri Pembina Tingkat Nasional
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1706Keywords:
Membaca Permulaan, Metode Menyanyi, SyairAbstract
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan Kesiapan membaca permulaan melalui metode Menyanyi dan mengucap syair Di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasinya adalah anak kelompok A2 berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bahwa menyanyi dan mengucap syair dapat menumbuhkan minat membaca permulaan. Hal ini dapat di buktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh kesiapan membaca permulaan sebesar 35, 29 % pada pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 82,35 %. proses kegiatan menyanyi dan mengucap syair sangat di sukai anak-kanak karena mudah di terapkan dan sangat sederhana untuk kelompok usia 4- 5 tahun. Melalui kegiatan menyanyi dan mengucap Syair anak dapat menunjukan rasa keingingin tahuan dalam minat baca permulaan dimana Anak dapat berulang-ulang dapat mengucapkan kosa baru dalam lagu maupun syair Mengelompokan kata-kata yang sama maupun menyanyi dan mengucap syair dengan ekspresi bervariasi. Kegiatan-kegiatan tersebut di lakukan sesuai minat anak. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data di atas menunjukan bahwa metode menyanyi dan mengucap syair dapat menumbuhkan kesiapan baca permulaan anak Kelompok A2 di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional.