Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Negeri Tegal Munjul

Authors

  • Larasati Rahmadhaningtyas Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1718

Keywords:

Komunikasi Matematis, Model Creative Problem Solving (CPS), Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Sehingga diperlukan suatu penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Model Creative Problem Solving (CPS) merupakan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk mengkontruksi dan membangun sendiri pengetahuan yang telah dimiliki, sehingga siswa dapat lebih mudah mengekspresikan ide dan mengkomunikasikan gagasannya ke dalam bentuk lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan aktivitas siswa dengan menerapkan model Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA di salah satu SD Negeri Tegal Munjul Purwakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 26,92% (7 siswa). Pada siklus II meningkat menjadi 73,03% (19 siswa) dan pada siklus III mencapai 92,3% (24 siswa). Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 63,46%. Pada siklus II meningkat menjadi 77,4% dan pada siklus III mencapai 87,6%. Dengan demikian didapatkan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan aktivitas belajar siswa sekolah dasar.

Published

2023-05-06

How to Cite

Rahmadhaningtyas, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Negeri Tegal Munjul. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3584-3591. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1718