Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Zainuri Budi Fakultas Agama Islam, Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga siswa dapat beraktifitas dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurl Lewin yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning sebagian besar siswa sudah memperlihatkan peningkatan pemahaman dan minat belajar siswa sehingga berpengaruh secara signifkan dalam prestasi belajar siswa dalam mapel fikih. siswa terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten. Adapun belajar dengan menggunakan LKPD, sangat membantu merangsang minat dan aktifitas siswa belajar, sehingga suasana dalam berdiskusipun  menjadi pembelajaran yang PAIKEM yaitu pembelajaran yang Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.

Published

2023-05-01

How to Cite

Budi, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3213-3218. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1719