Evektifitas Pembelajaran dengan Google Classroom dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi

Authors

  • M. Nur Imansyah STKIP Yapis Dompu
  • Nurjannah STKIP Yapis Dompu
  • Supriyaddin STKIP Yapis Dompu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tahapan pengembangan yang menghasilkan suatu pembelajaran e-learning ber-platform google classroom yang dinilai berdasarkan kriteria kualitas model yaitu: validitas, kepraktisan, dan kefektifan dari implementasi e-learning pada matakuliah Media Pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP Yapis Dompu dengan sasaran penelitian mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi, penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dari populasi mahasiswa Pendidikan Teknologi  Informasi tahun Akademik 2019/2020. dengan hasil penetapan sampel pada mahasiswa Semester IV yang berjumlah 16 Orang. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) Implementasi e-Learning dalam proses pembelajaran berada pada kategori Valid (Terkait dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan diantaranya RPS, Instrumen Tes, dan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran, 2) Penggunaan media pembelajaran ber-platform Google Classroom berada dalam kategori Praktis dalam kemudahan penggunaan oleh mahasiswa, serta 3) Google Classroom berada pada kategori Evektif, ditandai dengan Respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan secara daring berada pada sangat kuat, hal ini ditunjukan oleh hasil evaluasi menggunakan angket evaluasi keterlaksanaan pembelajaran, selain itu evektifitas juga ditunjukan oleh data Tes hasil belajar dengan membandingkan data hasil tes pembelajaran yang dilakukan secara konvesional dengan data hasil tes pada pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Published

2020-10-04

How to Cite

M. Nur Imansyah, Nurjannah, & Supriyaddin. (2020). Evektifitas Pembelajaran dengan Google Classroom dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 629-634. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/172