Implementasi Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf, Terimakasih Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Ayuk Suryaningsih Program Studi Magister Sains Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Daliman Daliman Program Studi Magister Sains Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1747

Keywords:

Karakter, Anak, Dongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk implementasi pembiasaan berkata tolong, maaf, terimakasih untuk pembentukkan karakter pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok A2 TK Negeri Pembina Karanganyar yang berjumlah 17 anak. Objek penelitian adalah metode pembiasaan untuk pembentukkan karakter pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru kelompok A2 dan orang tua anak untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadap. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah faktor pendukung dalam pembiasaan pembentukkan karakter pada anak usia dini merupakan guru dan orang tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan dalam pembentukkan karakter anak usia dini, meningkat setelah dilakukan intervensi dongeng. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat di terapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari disekolah maupun dirumah.

Published

2023-05-04

How to Cite

Suryaningsih, A., & Daliman, D. (2023). Implementasi Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf, Terimakasih Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2981-2986. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1747