Analisis Bibliometrik: Penelitian Communication Skills Pada Pendidikan Tinggi

Authors

  • Nunung Sanusi Universitas Sangga Buana, Indonesia
  • Fadli Agus Triansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ilham Muhammad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Susan Susanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1763

Abstract

Keterampilan komunikasi yang baik di antara lulusan sangat penting untuk masa depan dan pengembangan karir siswa dan keterampilan komunikasi sangat penting sebagai keterampilan non-teknis, keterampilan abstrak tetapi sangat menuntut dalam industry. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi publikasi terkait dengan Communication skills di pendidikan tinggi dan mendeskripsilan karakteristik. Metode yang digunakan adalah metode analisis bibluometrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah publikasi terkait communication skills dalam Pendidikan tinggi meningkat setiap tahunnya dari tahun 2019 hingga tahun 2021. Negara amerika menjadi yang paling berpengaruh terhadap bidang ini, Adapun jumlah dokumen terbanyak yaitu pada lembaga atau universitas “Nagasaki University”, pada jurnal “Academic Notes Series Pedagogical Science”, pada artikel (Baird & Parayitam, 2019). Fokus penelitian terbgai menjadi empat bagian yaitu, 1) communication skill, higher education dan university; 2) development, training dan teknologi; 3) motivation dan perceptions; 4) experience dan problem. Keyword yang menjadi tema baru adalah competence, covid, creation, interaction, game, motivation dan achievement.

Published

2023-03-01

How to Cite

Sanusi, N., Triansyah, F. A., Muhammad, I., & Susanti, S. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Communication Skills Pada Pendidikan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1694-1701. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1763