Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Thaharoh
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1769Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Cooperative Learning, Teknik Inside Outside Circle, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan teknik inside outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi thaharoh Kelas VII SMP Negeri 1 Gekbrong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan teknik inside outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi thaharoh. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis untuk menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya dan mengumpulkan data sedalam-dalamnya, sumber data dan jenis data merupakan data sekunder dengan mengambil dari studi literatur, daftar pustaka dan media. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning dengan teknik inside outside circle pada materi Thaharoh tersebut dimungkinkan karena pada metode ini siswa mendapatkan pengalaman secara langsung dalam menemukan sendiri melalui komunikasi dengan peserta didik lain, tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan materi thaharoh Fardlu, baik mengenai hukum thaharoh, ketentuan thaharoh, bacaan-bacaan di dalam thaharoh, dan jenis-jenis thaharoh.