Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterikatan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan metode campuran yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap sikap siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam penelitian, Peneliti menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif demi tercapainya tujuan dari penelitian ini. Data kuantitatif dianalisa menggunakan paired-samples t-test untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis proyek dapat mempengaruhi sikap belajar siswa. Selain itu, data kualitatif juga dianalisis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi proses belajar siswa yang dilaksanakan secara daring. Dalam studi ini terdapat 34 siswa kelas sebelas di sebuah sekolah menengah pertama negeri di Bali yang menjadi partisipan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
implementasi pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi sikap belajar siswa secara signifikan. Lalu, ditemukan juga bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat secara positif mempengaruhi proses belajar siswa secara daring.

Published

2020-10-08

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterikatan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring. (2020). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 658-661. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/179