Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Moderat Siswa di Sekolah: Sebuah Analisis Pedagogi Sosial

Authors

  • Mudrik Mudrik Program Pascasarjana Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1795

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Karakter Moderat, Pedagogi Sosial

Abstract

Islam adalah agama yang semboyannya adalah "Pembawa rahmat bagi dunia", tetapi secara historis, tidak semua ekspresi keagamaan itu benar. Salah satu contohnya adalah ketika orang terlalu fanatik dan tidak menyukai orang lain. Maka, masyarakat perlu bekerja untuk menghentikan penyebaran pandangan ekstrim dan intoleran, terutama di kalangan milenial. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan hal terpenting yang dapat dilakukan sekolah untuk mencapai misi perdamaian (PAI). Dari segi pedagogi sosial, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pembelajaran tentang Islam mempengaruhi bagaimana siswa mengembangkan kepribadian moderat di sekolah. Penelitian ini mengambil pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama islam dapat digunakan untuk membantu siswa belajar bersikap moderat dalam keyakinan agamanya. Pendidikan agama Islam dimaksudkan untuk membantu orang hidup damai dengan orang-orang dari agama lain, ideologi, etnis, dan budaya. Maka, mempelajari pendidikan agama Islam akan membantu membentuk sifat moderat kehidupan beragama. Hal ini akan menimbulkan sikap yang lebih moderat di kalangan siswa, lebih saling menghargai, dan mampu menolak ajakan terkait radikalisme.

Published

2023-03-07

How to Cite

Mudrik, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Moderat Siswa di Sekolah: Sebuah Analisis Pedagogi Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2011-2017. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1795