Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Formal

Authors

  • Indah Qona'ah Mahasiswa Pascasarjana PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1799

Abstract

Penelitian evaluatif ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi mengenai kebijakan kemandirian belajar pada satuan pendidikan formal, dengan mengoptimalkan data sekunder yang berasal dari dokumen norma, standar, prosedur dan kegiatan serta berbagai referensi relevan yang dikumpulkan dengan menyusun matriks dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menghadirkan kemandirian belajar dalam proses pembelajaran yang berkualitas di satuan pendidikan formal, diperlukan tutor yang berkualitas agar proses pembelajaran juga berkualitas. Disinilah pentingnya perhatian pemerintah terhadap perguruan tinggi yang menyiapkan tutor. Untuk itu rekomendasi alternatif yang perlu diperhatikan oleh pemerintah antara lain: (1) kebijakan proses pembelajaran merdeka, (2) kebijakan tutor berkualitas merdeka, (3) kebijakan peningkatan pembiayaan program pendidikan tutor asrama dan (4) kebijakan kurikulum untuk merdeka belajar.

Published

2023-03-03

How to Cite

Qona’ah, I. (2023). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Formal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1421-1424. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1799