Pengembangan Pola Etika dan Moralitas Pelayanan Publik: Studi Kasus di Pemerintahan Kota Pontianak

Authors

  • Rusdiono Rusdiono Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia
  • Arifin Arifin Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1800

Keywords:

Etika dan Moralitas, ASN, Pola Pengembangan Pelayanan Publik

Abstract

Pengembangan pola etika dan moralitas yang baik sebagai komponen penting dalam pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk menyoroti pola pengembagan etika dan moralitas pelayanan publik di lingkungan Aparatus Sipil Negara (ASN) di Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa terdapat upaya maksimal Pemerintah Kota Pontianak dalam pengembangan pola etika dan moralitas melalui program innovatioan in public service through open data. Program ini berbasis komputerisasi dengan pengembangan aplikasi yang diciptakan. Program yang dijalankan tersebut sebagai upaya dalam menciptakan suatu kultur yang mengutamakan kejujuran (culture of honesty), keterbukaan (openness), dan asistensi (assistance), yang merupakan atribut kunci dalam membangun lingkungan organissai pemerintahan yang rendah terjadinya inefisiensi maupun maladministrasi serta malpraktek dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Published

2023-03-07

How to Cite

Rusdiono, R., & Arifin, A. (2023). Pengembangan Pola Etika dan Moralitas Pelayanan Publik: Studi Kasus di Pemerintahan Kota Pontianak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1978-1989. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1800