Manejemen Ansambel Musik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Kristen Reformasi Noelbaki

Authors

  • Elidat Benyamin Suan Program Studi Pendidikan Seni Keagamaan, Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1813

Keywords:

Manejemen, Ansambel Musik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana para pengelola mengorganisasikan kegiatan latihan maupun kegiatan pentas kelompok ansambel musik ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah para pengelola kelompok ansambel musik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Krisren Reformasi Kupang telah mengelola kelompok ini dengan baik, terutama dalam kegiatan latihan, maupun kegiatan pentas. Dalam kegiatan latihan, manejemen yang dilakukan telah sesuai tahapan yang benar, yaitu perencanaan latihan yang meliputi perekrutan peserta latihan, mempersiapkan materi latihan, mempersiapkan media latihan, menetapkan metode latihan, menetapkan tujuan dan manfaat latihan, dan mempersiapkan fasilitas latihan. Setelah itu tahap pelaksanaan latihan dan evaluasi pelatihan. Selain manejemen kegiatan latihan, manejemen kegiatan pentaspun berjalan dengan baik sesuai tahapannya, yaitu tahap pra produksi, masa produksi dan tahap pasca produksi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa manejemen ansambel musik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Kristen Reformasi Kupang telah berjalan sesuai tahapan yang benar, walaupun belum semua tahap berjalan maksimal. Oleh karena itu, para pengelola kelompok ansambel musik ini perlu mengevaluasi sistem manejemen ansambel musiknya, baik manejemen latihan maupun manejemen pentas agar memperbaiki atau memaksimalkan kekurangan-kegurangan yang masih terjadi pada tiap tahapan manejemen yang ada, baik manejemen latihan maupun manejemen pentas.

Published

2023-03-12

How to Cite

Suan, E. B. (2023). Manejemen Ansambel Musik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Kristen Reformasi Noelbaki. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2074-2082. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1813