Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan dengan Pendekatan TPSR Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1823Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model produk pembelajaran materi kebugaran jasmani siswa kelas III sekolah dasar dengan pendekatan TPSR, sesuai dengan Kompetensi Dasar (Kurikulum 2013). Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar di kota Semarang. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 226 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data eksperimen dianalisis secara deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan pendidikan jasmani materi kebugaran dengan pendekatan TPSR dilakukan melalui permainan Mini Tonis. Hasil uji skala kecil dan skala besar untuk penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada materi kebugaran jasmani menunjukkan bahwa pendekatan TPSR berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai p untuk setiap aspek penilaian sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani kebugaran dengan pendekatan TPSR melalui permainan efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa.