Pengembangan Buku Dongeng Suku Mbojo dalam Dua Bahasa sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Arif Bulan STKIP Yapis Dompu
  • Hasan STKIP Yapis Dompu

Keywords:

Pengembangan, buku dongeng, bahan ajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dongeng-dongeng daerah belum terdokumentasi dengan baik. Sehingga berimplikasi pada keterbatasan arsip buku dongeng asli daerah yang bisa dijadikan sebagai bahan ajar efektif dalam meningkatkan prsetasi belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku dongeng suku Mbojo yang layak bagi siswa kelas IV SDN 26 Dompu, (2) mengetahui keefektifan buku dongeng suku Mbojo dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 26 Dompu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian ini: (1) Buku dongeng suku Mbojo dalam dua bahasa sebagai bahan ajar bahasa Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa layak diujicobakan dan digunakan. Kelayakan itu didapatkan dari penilaian ahli media dan ahli materi; (2) Buku dongeng suku Mbojo dalam dua bahasa sebagai bahan ajar bahasa Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa efektif meningkatkan prestasi belajar siswa. Kefektifan itu dilihat dari hasil tes yang didapatkan siswa. Hasil tes menunjukan bahwa siswa mampu melewati nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah.

Published

2020-11-03

How to Cite

Arif Bulan, & Hasan. (2020). Pengembangan Buku Dongeng Suku Mbojo dalam Dua Bahasa sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 699-708. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/187