Program Kampus Merdeka: Melatih Pemanfaatan Aplikasi Opensolver dan Desmos Melalui Pendekatan STEM pada Kuliah Program Linear

Authors

  • Rahmad Fauzan Mahasiswa Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Dian Sudiansyah Mahasiswa Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Mohamad Rif’at Dosen Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1897

Abstract

Praktikum Keterampilan mengajar (PKM) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan didaktis mengajar mahasiswa magister pendidikan matematika. Salah satu kegiatan yang dilakukan mengenalkan serta melatih mahasiswa S1 terhadap pemanfaatan aplikasi open Solver dan Desmos pada mata kuliah program liniear. Aplikasi tersebut berguna untuk memeriksa kembali (looking back) dari perhitungan manual, serta mengihindari Kekeliruan dalam mengambil keputusan pemecahan masalah program liniear. PKM dilaksanakan melalui empat tahap, terdiri dari: (1) Tahap pengenalan, (2) Tahap kegiatan, (3) Tahap evaluasi dan (4) Tahap pendampingan. Pelaksanaan perkuliahan dengan pendekatan STEM, subjek merupakan mahasiswa S1 pendidikan matematika semester 5 kelas VA1 berjumlah 15 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menggunakan dan mengintegrasikan Opensolver dan Desmos serta merefleksi secara manual untuk menarik kesimpulan masalah program linier. Dari hasil respon subjek tentang pelaksanaan PKM dengan pendekatan STEM, diperoleh nilai kelayakan 80%, yang bermakna bahwa jenis kegiatan, praktikum Intrepetasi, produktifitas, penerapan. Evaluasi kreatifitas serta inovasi PKM melalui pendekatan STEM dapat diterima dengan sangat baik oleh Mahasiswa.

Published

2023-07-01

How to Cite

Fauzan, R., Sudiansyah, D., & Rif’at, M. (2023). Program Kampus Merdeka: Melatih Pemanfaatan Aplikasi Opensolver dan Desmos Melalui Pendekatan STEM pada Kuliah Program Linear. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4935-4943. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1897