Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Program Linier

Authors

  • Liya Dahliya STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Desi Maulidyawati STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Wiwin Putriawati STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Matematika pada materi program linier siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Lopok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika kelas X Teknik Gambar Bangunan dan Kepala Sekolah. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lopok sejumlah 18 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pokok yang meliputi observasi dan catatan lapangan serta metode bantu yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis triangulasi, yaitu membandingkan persepsi sumber data/informan yang satu dengan yang lain mengenai situasi yang sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dinyatakan lulus belajar mengalami peningkatan hingga tindakan putaran terakhir, yaitu sebelum dilakukan tindakan putaran pertama adalah 6 siswa (33,3%), setelah tindakan putaran pertama adalah 9 siswa (50%) dan setelah tindakan putaran kedua adalah 15 siswa (83,3%).

Published

2020-12-21

How to Cite

Liya Dahliya, Muhammad Irham, Desi Maulidyawati, & Wiwin Putriawati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Program Linier. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 709-713. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/191