Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini

Authors

  • Munani Munani Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Dewi Stiani Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Nurul Alfiah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Rosilah Rosilah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1955

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah wadah atau tempat di mana anak usia dini dari usia 0-6 tahun mendapat stimulasi perkembangan dan pertumbuhan sesuai dengan usianya. Pada masa usia ini disebut juga istilah The Golden Age (masa keemasan) di mana peran orangtua dan lingkungan harus mendukung dalam memberikan stimulasi yang tepat. Dari 6 Aspek Perkembangan anak salah satunya, perkembangan Bahasa, bagaimana anak bisa mengucapkan huruf demi huruf dengan jelas, agar anak tersebut mampu berbicara dengan baik dan mudah di mengerti oleh orang yang ada di dekatnya. Oleh karena itu peran orangtua dan guru yang membimbingnya di sekolah harus berkerja sama dalam menstimulasi berbicara anak usia dini. Guru di sekolah harus dapat memberikan pembelajaran yang menarik yang mengembangkan perkembangan berbicara anak, agar anak tersebut dapat mengikuti ucapan atau kata-kata yang guru berikan serta Agar daya ingat anak akan terstimulasi dengan baik dan anak mudah mengingat apa yang di dengar untuk menambah kosakata pada anak, jadi guru harus memberikan pengembangan artikulasi pada kemampuan berbicara anak dengan metode dan keterampilan belajar yang bervariasi. Model SI-UUL (Simak-Ucap-Ulang) di mana anak menyimak, mengucap dan mengulang kata yang di dengar. yang di gunakan penelitian ini adalah metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik data yang di lakukan dengan cara pengamata, wawacara dan evaluasi dan refleksi.

Published

2023-05-01

How to Cite

Munani, M., Stiani, D., Alfiah, N., Rosilah, R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3092-3098. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1955