Implementasi Model Pembelajaran ATIK untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce

Authors

  • Aisyah Aisyah Pedidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Ria Oktafera Pedidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Suhartinah Suhartinah Pedidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Pedidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1971

Abstract

Model Pembelajaran merupakan metode dan cara untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan menggunakan model pembelajaran ATIK. Kekuatan otot-otot halus anak pada jari jemari menjadi dasar anak memiliki kekuatan atau kemampuan dalam menggenggam sebuah benda. Karena itulah kegiatan meronce menjadi salah satu kegiatan yang mampu menstimulasi motorik halus anak dengan dukungan model pembelajaran ATIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ATIK terbukti mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dalam 2 siklus Penelitian Tindakan Kelas secara signifikan dengan persentase yang terus meningkat pada setiap siklusnya, dari siklus 1 pertemuan 1 sebesar 36,41% meningkat ke 49,83% pada siklus 1 pertemuan 2, hingga meningkat pesat pada siklus 2 di pertemuan 2 sebesar 84%. Model ATIK menghadirkan inoivasi baru tdiantara model pembelajaran yang sudah ada. Model ATIK sangat sesuai dan memiliki tingkat relevansi yang tinggi terhadap proses pembelajaran anak dalam meningkatkan aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan motorik halus.

Published

2023-05-01

How to Cite

Aisyah, A., Oktafera, R., Suhartinah, S., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran ATIK untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3301-3307. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1971