Analisis Standar Proses Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan

Authors

  • Deswita Deswita STKIP Kusuma Negara Jakarta
  • Erwin Firdaus Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Boy Arief Rochman STAI Al-Falah Cicalengka Bandung
  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Sofyan Sauri Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.198

Abstract

Penerapan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan di suatu sekolah akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila terdapat harmonisasi dan kesamaan pandangan di antara para stakeholders, yaitu: yayasan, kepala sekolah, guru, komite sekolah, serta masyarakat sekitar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui analisis, permasalahan dan mendeskripsikan solusi perbaikan berkaitan dengan analisis Standar Proses Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Al Azhar Syifa Budi Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis kajian pustaka. Hasil penelitian berupa Analisis standar proses pendidikan berdasarkan karakteristik perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan evaluasi pembelajaran, adapaun masalah yang dihadapi berkaitan laporan jumlah siswa di Dapodik, belum optimalnya kemampuan guru yang baru direkrut dan optimalisasi SOP pembelajaran. Tahapan yang sudah dilakukan disekolah ini adalah membuat laporan dalam Dapodik menyatukan 4 (empat) rombongan belajar menjadi 3 (tiga) rombongan belajar. Adanya program Induksi, in house training, program supervisi dan coaching. Tahapan yang sudah dilakukan disekolah adalah melakukan Mapping, Recovery, Empowering, Improvement, Development dan Establish. SOP program pembelajaran secara bertahap disempurnakan seiring dengan implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2015.

Published

2021-01-13

How to Cite

Deswita, D., Firdaus, E., Boy Arief Rochman, Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Analisis Standar Proses Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 11-19. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.198