Analisis Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah Berbasis Potensi Daerah pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2100Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum operasional sekolah yang ada di SDN 3 Depok. Setelah dilakukan analisis, kemudian kurikulum operasional sekolah dikembangkan berbasis potensi daerah yang ada disekitar sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pengembangan kurikulum operasional sekolah berbasis potensi daerah, yaitu wisata dan wirausaha yang sekaligus dapat digunakan sebagai karakteristik sekolah. Pengembangan kurikulum di SDN 3 Depok lebih ditonjolkan pada potensi daerah, yaitu wisata maupun wirausaha. Kedua hal tersebut bisa menjadi karakteristik dari SDN 3 Depok. Di daerah Depok tersebut terdapat wisata putri maron, yang sebagian penduduk lokal juga memanfaatkan wisata tersebut untuk wirasusaha. Hal itu menjadi potensi daerah yang bisa dikembangkan dan diajarkan pada peserta didik. Setelah dilakukan analisis pada kurikulum operasional sekolah di SDN 3 Depok perlu adanya perhatian mengenai komponen yang ada pada kurikulum terutama dalam hal potensi daerah yang menjadi salah satu konteks pada kurikulum merdeka. Hal ini diharapkan juga dapat dicadikan acuan pembuatan kurikulum operasional sekolah di sekolah lainnya.