Implementasi Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Novi Andriyati Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2105

Abstract

Metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) adalah suatu metode atau pendekatan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (kecerdasan jamak) melalui kegiatan bermain yang terarah. Metode ini memiliki pola pengajaran yang diterapkan dengan menggunakan kegiatan belajar yang menyenangkan dengaa pendekatan sentra dan saat lingkaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Beyond Centers and Circle Time efektif diterapkan pada anak-anak karena dapat menggali pengalamannya sendiri melalui bermain dan diberi kebebasan untuk dapat berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Hal tersebut dapat membantu merangsang perkembangan anak usia dini dengan prinsip bermain sambil belajar melalui pengalaman langsung yang berpusat pada sentra.

Published

2023-06-01

How to Cite

Andriyati, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3865-3868. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2105