Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Biokimia Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Kartini Universitas Borneo Tarakan, Tarakan, kalimantan Utara

Keywords:

E-Learnig, Konsep Dasar IPA, Biokimia

Abstract

Efektivitas pembelajaran merupakan tolak ukur keberhasilan dari sebuah proses pembelajaran antara mahasiswa dengan mahasiswa, dan atau mahasiswa dengan Dosen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas matakuliah konsep dasar IPA biokimia selama pembelajaran daring. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yang mempunyai karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil,Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data penelitian, ditemukan hasil responden yaitu 57 % aktivitas mahasiswa berusaha tetap mengikuti setiap pembelajaran dengan maksimal dan penuh konsentrasi, 20 % mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, 15 % biasa saja dalam mengikuti pembelajaran, dan 15 % kurang aktif dan hanya syarat kehadiran pertemuan untuk pemenuhan nilai matakuliah saja. metode diskusi dalam pembelajaran daring yang mendapatkan tempat dominan selama pelaksanaan pertemuan matakuliah Biokimia yaitu 87% dan penugasan individu sebanyak 80% responden sedangkan metode lainnya rata-rata memiliki hasil responden sebanyak 30%. Untuk kondisi fisik sekitar 90% hasil responden mengalami mata kelelahan, 78% sakit kepala, dan hasil lainnya di bawah 30%. pada kondisi psikis, responden memilih terbanyak sebesar 90% mengalami pusing dan bosan, sedangkan lainnya di bawah 40%.

Published

2021-02-12

How to Cite

Kartini. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Biokimia Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar . JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 99-103. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/211