Pengaruh Media Komik Strip terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2157Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media komik strip terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Al-Huda Pekanbaru dengan sampel sebanyak 60 siswa. Siswa kelas X IPAB diajar dengan media komik strip dan siswa kelas X IPAA diajar dengan model konvensional tanpa menggunakan media komik strip. Jenis penelitian adalah eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas tes menggunakan uji t. Hasil pengujian kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi media komik strip adalah 82,53 dan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media komik strip adalah 71,87. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh taraf signifikan 0,005. Ternyata nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media komik strip terhadap kemampuan menulis teks anekdot.