Aplikasi Pedagodik Konsumen Pintar; Strategi Pengembangan Model Bisnis di Bisnis Online

Authors

  • Neng Susi Susilawati Sugiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dematria Pringgabayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahmat Priyanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rengga Madya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Palupi Pertama Rahmi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nety Budiwati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2175

Abstract

Artikel yang disusun ini merupakan kesadaran sebagai akademisi bahwa ilmu Pendidikan sangay menguntungkan untuk diberikan pada semua segmentasi bidang bukan hanya bidang Pendidikan saja, namun bidan bisnis yang secara luas membutuhkan strategi dalam mengikat konsumen dengan tepat dan berkelanjutan. Unsur-unsut pedagogik yang seharusnya dimiliki oleh para marketplace ini dapat diimplementasikan pada Teknik penyampaian informasi yang tepat sehingga konsumendengan sangat mudah memahami keunggulan pro duk dari bisnis tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dengan mengamati interaksi antara pembisnis dan konsumen, lalu melakukan terhadap 40 UMKM yang melakukan penjualanya di marketplace. Dan dari penelitian tersebut diperoleh bahwa informasi yang relevan dan bermanfaat mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh para UMKM masih terbilang rendah dengan tingkat kepuasan di angka 24 %. Hal ini terkendala oleh konten konten produk yang kurang edukatif meskipun menarik perhatian para calon konsumen. Untuk itu solusi nyata dari temuan penelitian ini adalah berupa forum grup diskusi untuk para UMKM untuk memperoleh pelatihan singkat secara daring mengenai pemanfaat belajar digital.

Published

2023-09-01

How to Cite

Sugiana, N. S. S. ., Pringgabayu, D., Priyanto, R. ., Madya, R. ., Rahmi, P. P. ., & Budiwati, N. . (2023). Aplikasi Pedagodik Konsumen Pintar; Strategi Pengembangan Model Bisnis di Bisnis Online. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6568-6575. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2175