Metode Sima’an Bil Ghoib; Upaya Memperlancar Hafalan Al-Qur’an Santri di Pesantren

Authors

  • Ahmad Zubaidi Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
  • Amir Fauzi Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2218

Abstract

Penelitian berfokus pada penerapan metode sima’an sebagai sebuah strategi Pondok Pesantren Nurul Jadid, dalam memperlancar hafalan para penghafal Al-Qur’an, metode ini diterapkan sejak tahun 2016 dan sampai hari ini sudah mampu mewisuda 150 santri dengan jumlah santri huffazh yang lumayan banyak dan setiap tahunnya bertambah. Metode ini efektif dan efesian untuk diterapkan di Pesantren Nurul Jadid, sehingga Pondok Pesantren Nurul Jadid yang notabene pondok modern mampu mempetahankan prestasinya dan tradisi penghafal al-quran. Penelitian mengunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan lapangan yang mana peneliti hadir langsung kelapangan guna untuk mengumpulkan data-data dengan mengobservasi dan mewawancara objek atau informan yang memang ada didalam naungan PPIQ (Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an). Hasil penelitian ini menunjukkan pertama; semakin efektif para santri dalam menghafal Al-Qur’an, kedua; semakin eratnya memelihara dan menjaga Al-Qur’an, ketiga; semakin banyaknya santri-santri yang mencintai Al-Qur’an. Dari ketiga hasil penelitian tersebut tentu sangat penting untuk Pondok Pesantren Nurul Jadid dalam mengembangkan dan melestarikan santri dalam menghafal Al-Qur’an.

Published

2023-08-01

How to Cite

Zubaidi, A., Fauzi, A., & Iqbal, M. . (2023). Metode Sima’an Bil Ghoib; Upaya Memperlancar Hafalan Al-Qur’an Santri di Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5968-5973. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2218