Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMPN 8 Langsa

Authors

  • Srimuliati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Aceh
  • Nurlaila Fazrani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Aceh

Keywords:

Mathematica, Adobe Flash, Mathematical , Communication

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran matematika, hal ini karena dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat menyampaikan ide atau gagasan yang tepat kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan. Kenyataannya, pengajar membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Adobe flash merupakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan adobe flash terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP N 8 Langsa tahun ajaran 2019/ 2020 yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sample random sampling. Kelas VII. 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 20 siswa dan sebanyak 19 siswa pada kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk pretest and posttest design. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney Sample U Test hal ini karena data berdistribusi tidak normal. Hasil uji menggunakan Mann Whitney Sample U Test menunjukkan bahwa ???????????? < ???? atau 0,003 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran adobe flash terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran adobe flash berpengaruh terhadap komunikasi matematis siswa SMP N 8 Langsa.

Published

2021-06-02

How to Cite

Srimuliati, & Nurlaila Fazrani. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Terhadap Komunikasi Matematis Siswa SMPN 8 Langsa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 134-139. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/224