Perkembangan Fisik, Kognitif, Sosial dan Emosi pada Bayi Menurut Teori Jean Piaget Serta Penanaman Nilai Agamanya

Authors

  • Bagus Hidayattullah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Meisy Permata Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Ermis Suryana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Abdurahmansyah Abdurahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2242

Abstract

Artikel ini membahas tentang tentang teori yang dikembangkan oleh Jean Piaget terhadap perkembangan fisik, social, emosi, serta, kemampuan berfikir anak pada tahap usia sensor motorik (0-2 Tahun). Jean Piaget adalah salah satu tokoh yang meneliti tentang perkembangan kognitif dan mengemukakan tahapan-tahapan perkembangan kognitif. Jean Piaget yang juga ahli Biologi menghubungkan tahapan perkembangan kematangan fisik dengan tahapan perkembangan kognitif. Tahapan-tahapan tersebut adalah tahap sensory motorik (0-2 tahun), praoperasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-11 tahun) dan operasional formal (11-15 tahun). Artikel ini menggunakan metode Library Research dengan mengkaji beberapa sumber data dari buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan perkembangan sensor motorik. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak mengalami perkembangan yang sempurna, sehingga secara kognitif, fisik, dan emosi sosial anak dapat berkembang secara optimal, dan juga bagaimana penanaman nilai-nilai agama sejak dini dari orang tua kepada anak pada tahap sensor motorik.

Published

2023-09-02

How to Cite

Hidayattullah, B., Sari, M. P., Suryana, E., & Abdurahmansyah, A. (2023). Perkembangan Fisik, Kognitif, Sosial dan Emosi pada Bayi Menurut Teori Jean Piaget Serta Penanaman Nilai Agamanya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6885-6894. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2242