Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Mts Darul Huda Kp. Cimuncang Kabupaten – Tasikmalaya

Authors

  • Dede Andi Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Muhamad Abid Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Denok Sunarsi Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Irfan Rizka Akbar Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menjelaskan bagaimana Implementasi pendidikan karakter melalui nilai-nilai kearifan lokal di MTS Darul Huda Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif melalui observasi, pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Lokasi penelitian ini berada pada Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari penelitian adalah pendidikan karakter sudah diterapkan dalam pembelajaran siswa khususnya MTs Darul Huda yaitu dengan tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Termasuk di dalamnya adalah proses sosialisasi kepada semua elemen yang berkaitan untuk nantinya melakukan implementasi dengan baik, masih adanya penurunan moral terhadap remaja atau siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan dan pendidikan berkarakter harus berjalan secara baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dalam mempersiapkan generasi muda bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan.

Published

2021-06-02

How to Cite

Andi, D., Abid, M., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Mts Darul Huda Kp. Cimuncang Kabupaten – Tasikmalaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 149-153. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.227