Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2270Abstract
Melalui program kampus merdeka, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. Cukup banyak penelitian yang telah dilakukan, dengan menjadikan peserta didik sebagai subjek penelitian, dimana metode pembelajaran kooperatif memberikan manfaat dalam beberapa aspek bagi peserta didik. Namun belum dapat ditemukan penelitian tentang metode pembelajaran kooperatif seperti apa yang dapat memberikan pengaruh lebih tinggi pada motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar pada mahasiswa STIE X di Bandung pada mata kuliah kewirausahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat bantu kuesioner dan observasi. Pengujian hipotesis penelitian dengan uji komparatif menggunakan metode statistik deskriptif, uji korelasi.