Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Materi Struktur Darah Melalui Model ANCOR
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2272Abstract
Pelajaran biologi adalah bidang ilmu yang kompleks dan luas, hal ini menjadi penyebab peserta didik menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru mata pelajaran biologi memiliki peranan penting untuk memiliki keterampilan dan kompetensi dalam mempersiapkan, merancang serta melaksanakan pembelajaran biologi, terutama kegiatan dalam praktikum. Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) berguna untuk praktikum biologi dalam mendukung keterampilan abad 21 dalam revolusi industri 5.0. Revolusi industri 5.0 membawa tantangan baru di dunia pendidikan termasuk di Indonesia. Upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya yaitu melalui kegiatan praktikum yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas DKL struktur darah serta merekonstruksinya untuk dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan sampel struktur darah DKL yang terdiri dari 4 DKL. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen konstruksi berdasarkan kurikulum dan konstruksi pengetahuan berdasarkan Diagram Vee. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKS praktikum Biologi masih memiliki kekurangan dalam berbagai aspek, antara lain kontekstual, praksis, konstruksi pengetahuan dan struktural. Oleh karena itu, perlu dilakukan rekonstruksi DKL praktikum biologi untuk meningkatkan kualitas dan mendukung keterampilan abad 21 pada era Revolusi Industri 5.0.