Literasi Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SD

Authors

  • Hayatun Nufus Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Fathur Rokhman Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rahayu Pristiwati Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2285

Abstract

Melalui literasi visual peserta didik diharapkan mampu menerjemahkan makna yang terkandung dalam gambar kedalam tulisan teks narasi. Teks narasi adalah Narasi atau kisahan merupakan corak tulisan yang bertujuan menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan menulis teks narasai dengan menggunakan model literasi visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V dalam menulis teks narasi dengan menggunakan model literasi visual. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian Berdasarkan hasil unjuk kerja menulis teks narasi, terdapat 12 orang siswa yang mendapatkan nilai berkategori baik sekali atau 40%, 10 siswa mendapatkan nilai dengan kategori baik atau 33% dan 8 orang siswa mendapatkan nilai cukup atau 27%. Kriteria dalam penilaian menulis teks narasi di SDN 72 Palembang perlu ditingkatkan lagi.

Published

2023-09-02

How to Cite

Nufus, H., Rokhman, F. ., & Pristiwati, R. . (2023). Literasi Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6695-6699. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2285