Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru (Survey Pada Guru SMK di Kecamatan Jagakarsa Kotamadya Jakarta Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2292Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru (survey pada guru SMK di kecamatan Jagakarsa kotamadya Jakarta Selatan). Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah guru di masing-masing sekolah yang berjumlah N= 520, jumlah subjek yang cukup besar ini diambil antara 10%-15% dan dipilih sampel secara acak (random) sebanyak n=52 guru. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap responden yaitu kecerdasan emosional dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukan thitung = 2,745 dan sig. = 0,008 < 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecedasan emosional terhadap kinerja guru dan signifikan.