Evaluasi Program Layanan Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Matan Hilir Utara Menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program layanan bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Matan Hilir Utara menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Peneliti menerapkan jenis penelitian evaluatif. Dalam hal ini peneliti akan mengevaluasi program layanan bimbingan konseling di lokasi penelitian dengan mengacu pada aspek dan tahapan evaluasi berdasarkan model Kirkpatrick Four Levels Evaluation Model. Subjek dalam penelitian ini yakni guru khususnya guru BK dan peserta didik di SMP Negeri 1 Matan Hilir Utara. Adapun siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini yakni 72 siswa yang diperoleh dengan formula Solvin dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terhadap program layanan Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Matan Hilir Utara Menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick, reaksi peserta didik terhadap layanan bimbingan konseling di lokasi penelitian pada komponen evaluasi reaction menunjukkan skala sedang dengan rata-rata 2,92. Selanjutnya pada komponen learning, peserta didik merasakan bahwa layanan BK di sekolah tidak memberikan penguasaan pengetahuan, peningkatan keterampilan, perubahan sikap secara signifikan bagi diri mereka dengan peroleh rata-rata sebesar 3,24 yang masuk kategori sedang. Pada komponen behaviour diperoleh sebesar 3,23 yang berada pada kategori sedang. Dalam pemenuhan komponen result peneliti meminta hasil evaluasi secara akumulatif dari peserta didik sebagai program audience atau penerima manfaat, berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta didik menganggap bahwa kualitas/ hasil program layanan BK berada pada kategori sedang dengan rata-rata 3,02.