Manajemen Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Mencapai Lulusan Bermutu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2298Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan kemampuan abad 21 yang semakin kompetitif menuntut empat kompetensi yaitu: Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication dan Collaboration. Pendidikan sebagai pengemban peran reformatif dan transformatif harus mampu mempersiapkan peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen penguatan pembelajaran bahasa indonesia berbasis higher order thinking skills (HOTS) untuk mencapai lulusan bermutu. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari berbagai sumber, media online. Analisisnya adalah dengan melakukan kajian-kajian literatur terhadap manajemen penguatan pembelajaran bahasa indonesia berbasis higher order thinking skills (HOTS) untuk mencapai lulusan bermutu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penguatan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis HOTS untuk mencapai lulusan bermutu sudah dilakukan dengan pendekatan manajemen. Pada pelaksanaannya, manajemen pembelajaran bahasa Indonesia juga mengidentifikasi berbagai masalah yang dihadapi oleh guru maupun siswa dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis HOTS serta berbagai upaya pemecahan masalah.