Perkembangan Kognitif Menurut Teori Sosio-Kultural dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Authors

  • Suci Hidayati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Weriana Weriana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Ermis Suryana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2305

Abstract

Perkembangan manusia merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan-kegiatan sosial dan budaya. Salah satu sering menjadi perhatian orang tua ialah perkembangan koginitif. Dalam pandangan Vygotsky meyakini bahwa aspek sosial dan kultural seseorang membantu membentuk perkembangan kognitif. Penerapan Teori Sosio-Kultural dalam pembelajaran di Indonesia dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengembangan pendidikan inklusif dan memperhatikan keberagaman budaya siswa. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif melalui dokumentasi. Penerapan Teori Sosio-Kultural dalam pembelajaran di Indonesia juga memiliki tantangan dan kendala, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya pendekatan inklusif dan memperhatikan keberagaman budaya siswa, kurangnya pelatihan dan pengembangan kurikulum yang relevan, serta kurangnya dukungan dari pihak terkait. Untuk dapat menerapkan Teori Sosio-Kultural dalam pembelajaran di Indonesia, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga pendidikan, guru, dan masyarakat.

Published

2023-09-02

How to Cite

Hidayati, S., Weriana, W., Suryana, E., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Perkembangan Kognitif Menurut Teori Sosio-Kultural dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6706-6714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2305