Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2320Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 21 orang siswa kelas IX A di SMP Plus Al-Gifari Bandung. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dengan intrumen yang berbentuk non tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus pertama, rata-rata sekor kemampuan kolaborasi siswa adalah 48% dan meningkat menjadi 77% pada siklus kedua. Hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bawah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kolaborasi siswa melalui penerapan model TAI.